Majapahit dalam Sejarah Melayu

Majapahit dalam sejarah Indonesia dikenal sebagai kerajaan yang didirikan oleh Raden Wijaya. Tetapi Majapahit dalam Sejarah Melayu adalah nama untuk rangkaian kerajaan Jawa dimulai dari Medang, Kediri, Singasari, Majapahit, Demak, Pajang dan Mataram Islam. Gajah Mada adalah sebutan untuk seluruh patih kerajaan-kerajaan tersebut.

Hingga saat ini, Sulalatus Salatin adalah naskah Melayu yang dianggap paling otentik dalam meriwayatkan sejarah negeri-negeri Melayu, terdapat beragam versi. Catatan Majapahit dalam Sejarah Melayu sebagai berikut :

  1. Bicitram Syah dari Belambang Majut Bengkulu menikahkan putrinya Ratna Dewi dengan Ratu Majapahit.
  2. Betara Majapahit dengan Putri Ratna Dewi beranak dua Raden Inu Merta Wangsa yang menjadi Raja di Majapahit dan Raden Mas Putera yang menjadi raja di Daha.
  3. Betara Majapahit Raden Inu Mertawangsa menaklukkan setengah negeri Nusantara dan mengirimkan utusan kepada Raja Singapura Paduka Seri Pikrama Wira putera Seri Teribuana dan beradu kepandaian menarah. Tukang tarah Jawa kalah oleh tukang tarah Singapura.
  4. Betara Majapahit Raden Inu Mertawangsa mengirim Demang Wiraraja menyerang Singapura. Armada Majapahit hancur karena kalah pengalaman berperang di laut.
  5. Raden Perlan Langu, gelar Ki Mas Jay,putera Raja Tanjung Pura raja turunan Bukit Siguntang yang terdampar di Pantai Bengawan, dinikahkan oleh Patih Aria Gajah Mada dengan Putri Galuh Awi Kesuma. Orang tua angkatnya dijadikan patih pemimpin para penyadap aren dengan gelar Patih Adi Kara. Raden Perlan Langu menjadi Betara Majapahit dengan gelar Sang Aji Jaya Ningrat.
  6. Bendahara Paduka Raja, Seri Nata Diraja dan Seri Bija Diraja diutus Sultan Mansyur Syah Malaka meminang Putri Galuh Cendera Kirana, putri Sang Aji Jaya Ningrat dan Galuh Awi Kesuma. Rombongan terdiri dari 40 perawangan yang dipimpin Tun Bijaya Sura selaku penghulu, Sembilan Hanghang : Hang Jebat, Hang Kesturi, Hang Lekir, Hang Lekiu, Hang Ali, Hang Sekandar, Hang Hasan, Hang Husin dan Hang Tuah.
  7. Sultan Mansyur Syah diiringi Sultan Nara Singa Indragiri, Raja Merlang Tungkal, Adipati Sira Sela Sida Raja Jambi, Demang Mangku Raja Palembang dan Maharaja Isak Lingga berangkat ke Majapahit.